Rabu, 28 Oktober 2015

Autism is Awesome !!!

Hello Psychopreneur!!!

Mendengar kata "autis" pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Akan tetapi, mengapa perlakuan kalian terhadap mereka seakan-akan menganggap mereka seperti orang asing? Tahukah kalian betapa berharganya diri mereka?

Autisme yang termasuk ke dalam salah satu bagian dari Autism Spectrum Disorder (ASD) dan Pervasive Development Disorder (PDD), merupakan gangguan perkembangan pada seseorang yang sudah nampak sebelum usia tiga tahun. Gangguan ini meliputi interaksi sosial, komunikasi dan perilaku. Meskipun demikian, autisme bukanlah penyakit kejiwaan.

Selain itu, penderita autis sebenarnya memiliki beberapa kelebihan yang istimewa yakni beberapa diantara mereka cenderung mandiri, lebih kreatif, memiliki kemampuan visualisasi yang lebih baik, memiliki kemampuan daya ingat yang lebih tinggi serta IQ yang di atas rata-rata seperti penderita Syndrom Asperger. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang memiliki kemampuan luar biasa dalam bidang tertentu seperti kecepatan dalam mengetik, bermain musik dan berimajinasi yang tidak dapat dilakukan oleh orang biasa pada umumnya.

Hal inilah yang seharusnya kalian lihat dari diri mereka, para penderita autis. Kelebihan yang mereka miliki ini sebenarnya mampu melengkapi kekurangan dalam diri kalian sendiri terutama dalam hal pekerjaan. Salah satu contohnya mereka dapat membantu dalam hal administrasi, dokumentasi dan arsitektur yang membutuhkan keterampilan khusus seperti mengetik dan berimajinasi tinggi.  

Meskipun beberapa penderita autis memiliki kesulitan dalam berinteraksi, namun sebenarnya hal ini dapat dibantu dengan dukungan visualisasi yang mampu membantu mereka dalam berkomunikasi dan berinteraksi sosial. Inilah yang menjadi tugas dan tanggung jawab kalian terhadap mereka!

Maka dari itu, sebagai psychopreneur mulai dari sekarang ubahlah pandangan kalian terhadap mereka para penderita autis sebab mereka adalah orang-orang yang luar biasa! Serta hilangkanlah perilaku labeling terhadap mereka, yang tanpa kalian sadari dapat menghancurkan hidup mereka!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar