Rabu, 19 Agustus 2015

Thinks, Emotions and Behaviors

Hello Psychopreneur!!!

Sebagai makhluk hidup, tentu kalian tidak terlepas dari hal-hal yang bersifat ilmiah dan alami. Maksudnya? Well, ini berarti semua proses mekanisme yang terjadi di dalam tubuh kalian tentu saja ada yang mengaturnya secara alami dan ilmiah. Kok tahu? Jelas tahu dong, justru inilah gunanya ada pelajaran biologi.

Biologi dengan Psychopreneur??? Kaitannya apa coba?!
Yah, bila pertanyaan ini sempat muncul dari dalam diri kalian memang tidak aneh sih. Sebab, banyak diantara kalian yang tidak menyadari bahwa sesungguhnya pikiran yang terdapat dalam otak kalian merupakan kunci utama kesuksesan kalian sebagai The Unique Psychopreneur.

Pernahkah kalian mendengar yang namanya Hippocampus?
Hippocampus merupakan bagian dari sistem limbik yang bertanggung jawab dalam menyimpan suatu kenangan serta emosi. Bila kalian mengalami kenangan pahit seperti ditinggal pacar, maka kalian akan lebih mudah mengingat pengalaman tersebut dibandingkan memenangkan kejuaraan kelas. Mengapa demikian?

Semua ini dikarenakan pikiran dalam diri kalian selalu mengingat emosi yang dirasakan. Emosi yang paling mudah diingat adalah perasaan yang tidak enak. Hal ini terjadi sebagai evaluasi bagi diri kalian agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

Emosi yang kalian rasakan ini tidak semena-mena keluar dengan sendirinya. Emosi ini dihasilkan oleh beberapa hormon seperti hormon endorphin (hormon rasa puas, cinta, kebahagiaan, kenyamanan, dan dapat menghilangkan rasa sakit), hormon adrenalin (hormon yang meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah) serta hormon kortisol (hormon yang memberikan rasa stres pada tubuh).

Apakah hormon tersebut bekerja sendiri? Tentu saja tidak. Terdapat amygdala, dopamine serta melatonin yang membantu dalam kinerjanya. Ketiganya ini membantu dalam mengontrol, memperbaiki serta mengolah kenangan dengan reaksi emosi yang kalian rasakan agar tindakan kalian tidak salah langkah.

Jadi, kalau kalian ingin menjadi The Unique Psychopreneur, maka kalian harus dapat keep positive thinking, supaya emosi yang dihasilkan pun dapat bersifat positif. Terpenting adalah bagaimana cara kalian mengambil tindakan, berperilaku dan memperlakukan orang lain di lingkungan bisnis maupun diluar bisnis kalian secara pantas dan sesuai. Sebab salah satu ciri dari The Unique Psychopreneur adalah memiliki nilai moral terhadap diri sendiri dan sesama.






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar